Senin, 30 April 2012

Profil Ma'had Al-Askar


A. STANDAR KOMPETENSI MA’HAD TAHFIHZ AL-QUR’AN AL-ASKAR BOGOR


1. MOTTO, VISI, MISI DAN TUJUAN MA’HAD TAHFIHZ AL-QUR’AN AL-ASKAR
MOTTO
خيركم من تعلم القرآن وعلمه (رواه البخاري)
“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya”. ( HR Bukhori)
VISI
Terbitnya dan terwujudnya suatu lembaga pendidikan dengan latar belakang pondok pesantren (ma'had tahfihz al-Qur’an) yang berbasis dan unggul dalam pengkajian, penghafalan dan pengamalan al-Qur’an.
MISI
1. Mencetak dan mengkader santri yang hafihz al-Qur’an.
2. Mengkaji ilmu-ilmu al-Qur’an sebagai khasanah dan sumbangsih bagi pengembangan budaya untuk ketinggian martabat, kemajuan dan kesejahteraan umat manusia.
3. Mengaktualisasikan pesan-pesan al-Qur’an dalam upaya menjawab problematika kehidupan bermasyarakat, berbangsan dan bernegara.
TUJUAN
1. Mencetak santri sebagai kader-kader ulama yang hafihz al-Qur’an dengan standar akademik hafihz 30 juz.
2. Menghasilkan santri/mujahid al-Qur’an yang siap mendalami ilmu-ilmu agama Islam, bertanggung jawab atas pengembangan agama dan pembangunan masyarakat yang Islami, serta menjadi imam/pemimpin pada komunitasnya diberbagai kalangan.
3. Mengembangkan kajian ilmu-ilmu al-Qur’an, pesan-pesan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya untuk dapat diterapkan dalam kehidupan nyata, serta sebagai sumbangsih untuk mengatasi berbagai problem masyarakat.

2. SEKILAS TENTANG MA’HAD AL-ASKAR


Ma’had Tahfihz al-Qur’an AL-ASKAR adalah salah satu pondok pesantren yang berbasis al-Qur’an yang konsentrasi pendidikannya secara khusus difokuskan pada materi penghafalan/tahfihz al-Qur’an. Tapi secara umum, Ma’had AL-ASKAR ini juga mendalami dan mengkaji ilmu-ilmu agama Islam yang dapat menunjang konsentrasi santri serta dapat menambah wawasan keagamaannya, seperti bahasa Arab, kajian kitab fiqh, tafsir serta hadits, dan materi-materi lainnya.  
Ma'had Tahfizh AL-ASKAR ini terletak di pinggiran salah satu daerah yang terkenal dengan daerah pariwisatanya, yaitu daerah Puncak Bogor. Tepatnya terletak di Kampung Cijulang, Desa Kopo, RT 03/RW 05 No. 14, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor – Jawa Bara.
AL-ASKAR didirikan sejak beberapa tahun yang lalu oleh keluarga besar AL-ASKAR di Jakarta yang diprakarsai oleh seorang ulama berketurunan Arab (timur tengah) yakni Syekh Utsman Ahmad bin Askar (Almarhum – Semoga Allah SWT menerima di sisi-Nya dengan limpahan kasih sayangnya dan melapangkan tempatnya, serta semoga pahala dari amal jariyahnya terus mengalir hingga yaumul qiamah, Amin.) dengan gagasan dan latar belakang mendirikan pesantren yang materi pengembangannya fokus pada tahfihz al-Qur’an, dalam rangka mencetak kader dan generasi muda Qurani, mengingat kesadaran akan semakin langkanya ulama yang ahli al-Quran (terutama yang hafizh al-Qur’an), sementara masyarakat dan pemerintah sangat mengharapkan lahirnya pemimpin yang bisa memahami dan menerapkan pesan-pesan dan nilai-nilai al-Qur’an al-Karim dalam kehidupan bermasyarakat.
    Lima tahun sejak berdirinya,  Ma’had AL-ASKAR sudah berhasil mencetak beberapa santri yang hafal al-Qur’an 30 Juz, tujuh orang di antaranya melanjutkan Studi di timur tengah (Yaman dan Mesir), dan beberapa orang lagi di antaranya menjadi Khadim al-Qur’an di berbagai tempat (seperti di pesantren sebagai pembina tahfihz dan di Mesjid sebagai Imam masjid), dan insyaallah akan selalu menyusul beberapa orang santri lagi setelahnya untuk tahun 2011 ini dan tahun-tahun berikutnya.  
    Ma’had Tahfihz al-Qur’an  AL-ASKAR, di samping hanya menerima santri melalui tes dan seleksi penerimaan santri AL-ASKAR, Ma’had ini juga mengharapkan santri yang ada berasal dari beberapa pulau/propinsi yang ada di Indonesia sebagai perwakilan dari daerah tersebut dalam rangka berkompetisi dalam menghafalkan al-Qur’an dan menunutut ilmu agama Islam.  Mengingat dalam kampus AL-ASKAR disediakan biaya pendidikan (gratis) Selama santri belajar di Ma`had AL-ASKAR, di antaranya :
1. Makan dan Minum
2. Asrama (Kamar  + kasur  + Lemari pakaian)
3. Sarana prasarana belajar termasuk mushaf standar
4. Kesehatan
5. kegiatan tambahan seperti out bound, dan lain-lain. 
adapun biaya selain tersebut di atas seperti transport masing-masing santri dari rumah menuju pesantren dan sebaliknya baik pada pertama kali hadir maupun setiap kali liburan tahunan atau semesteran, maka dibebankan kepada masing-masing santri.
    Di samping beberapa hal di atas, dalam hal pengasuh pesantren, Ma’had AL-ASKAR diasuh dan dibimbing oleh tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Di antaranya :
1. Syekh Ali Saleh Muhammad bin Ali Jabir al-Hafihz, Seorang khadim al-Qur’an dari Medinah al-Munawarah.
2. Ustad Wawan Sukmawan, Lc., Pembina di bidang pengajian kitab Tafsir, Hadits, dan fiqh.
3. Ustad Abdullah Soim Lc., Alumni Universitas AL-AHGAFF Yaman, sebagai pengajar di bidang bahasa Arab (Nahwu dan Shoraf) dan pengajaran fiqh dengan metode sorogan. 
4. Ustad Dedi Sukarni Lc., pembina bahasa Arab untuk Munaqasyah dan Muhadtsah.
5. Sunardi SQ., S.Th.i., (Alumni Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta) Sebagai instruktur tahfihz al-Qur’an. Dan beberapa pembina lainnya.
Demikian sekilas tentang Ma’had Tahfihz al-Qur’an AL-ASKAR Bogor, masih banyak yang belum disampaikan, insyaallah dilain waktu dan kesempatan akan digambarkan seditail mungkin. Semoga bermanfaat.


3. STANDAR PENERIMAAN SANTRI  AL-ASKAR
     Berdasarkan keputasan Yayasan Ma'had Quran AL-ASKAR Bogor, untuk penerimaan santri masuk AL-ASKAR di tetapkan beberapa persyaratan, di antaranya :
a. Mengisi formulir pendaftaran
b. Melampirkan foto copy Ijazah aliyah dengan sntandar nilai kumulatif di atas 7,1 maksimal 2 tahun kelulusan 3 lembar
c. Melampirkan Surat pengantar / rekomendasi
d. Melampirkan foto copy KTP
e. Menyerahkan pas photo ukuran 3x4
f. Melampirkan surat kelakuan baik
g. Hafal al-Qur'an Minimal 1 Juz
g. Mengikuti seleksi masuk AL-ASKAR yang ditentukan kemudian dan baru dinyatakan sebagai santri berdasarkan hasil imtihan masuk AL-ASKAR. Adapun Materi ujian seleksi masuk AL-ASKAR adalah :
a. Tes Tulisan (pengetahuan umum, meliputi bahasan fiqih, akidah akhlaq, dan bahasa Arab)
b. Tes wawancara wawasan dan bahasa Arab
c. Tes bacaan / pengajian kitab Kuning
d. Tes Hafalan 1 Juz dan tajwid

4. PESAN UNTUK PARA SANTRI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Keutamaan Pembaca dan Penghafal al-Qur`an :

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرّاً وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَّن تَبُورَ ﴿٢٩﴾ لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ ﴿٣٠﴾
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri". (QS. Fathir : 29-30)
من قرأ القران فقد استدرج النبوة بين جنبيه غير أنه لا يوحى اليه لاينبغى لصاحب القران ان يجد مع من وجد ولا يجهل مع من يجهل وفي جوفه كلا م الله (رواه الحاكم)
"Barang siapa membaca (hafal) al-Qur`an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diwahyukan kepadanya. Tidak pantas bagi hafizh al-Qur`an berada bersama siapa saja yang ia dapati dan tidak melakukan kebodohan terhadap orang yang melakukan kebodohan (selektif dalam bergaul), sementara dalam dirinya terdapat firman Allah". (HR. al-Hakim)
عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله صمى الله عليه وسلم عرضت علي أجور أمتي حتي القذاة يخرجها الرجل من المسجد وعرضت علي ذنوب أمتي فلم أ ر ذنبا أعظم من سورة من القران او أية أوتيها رجل ثم نسيها (رواه الحاكم)
Dari Anas bin Malik berkata : "Rasulullah Saw. bersabda : Telah ditambahkan kepadaku pahala-pahala pekerjaan umatku, sampai-sampai pahala seorang yang mengeluarkan sampah (kotoran) dari masjid dan ditampakkan kepadaku dosa-dosa umatku, lalu aku tidak melihat dosa yang lebih besar kecuali dosa orang yang hafal al-Qur`an kemudian mereka melupakannya". (HR. al-Hakim)

Doa Memelihara Hafalan al-Qur`an :

أللهم صل علي سيدنا محمد سر حياة الوجود والسبب الأعظم لكل موجود صلاة تحفظني بها القران وتفهمني بها الأيات وتحفظني بها سوء القول والعمل والنيات وعلى اله وصحبه وسلم
"Ya Allah, semoga shalawat dan salam dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Yang menyimpan rahasia kehidupan di dunia dan menjadi sebab yang terbesar dari segala sesuatu yang ada. Semoga dengan shalawat ini Engkau menjadikan kami sebagai orang yang hafal al-Qur`an, dapat memahami isi dan kandungannya, dan shalawat ini Engkau memelihara aku dari perkataan, perilaku, dan niat yang buruk. Dan semoga shalawat ini juga dilimpahkan kepada keluarga Nabi dan para sahabatnya".       

17 komentar:

  1. Assalamualaikum syekh..
    Sy raka asal jakarta sy sgt berniat untuk belajar & menghafal al-quran.
    Sy berumur 19th dan lulusan SMK di jakarta. Apakah sy bisa belajar di sana?

    Mohon balasannya, atau sy minta nomer telponnya boleh?
    Tolong bantuannya syekh karna sy sangat ingin belajar & hafal quran..

    BalasHapus
  2. assalamualikum syekh..
    saya ibrohim yg juga dari jakarta, insya allah thn ini saya lulus aliyah dan sebelim saya melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan saya ingin menghafal al-qur'an terlebih dahulu, setelah saya cari-cari jarang ponpes yang menerima santri lulusan aliyah..
    apa ponpes al-askar menerima santri lulusan aliyah ??

    mohon balasannya ..

    BalasHapus
  3. assalamu'alaikum,,,,
    apakah ini terkhusus putra saja, atau ada yang putri,,???
    afwan,,,,,

    syukron katsiron,,,

    BalasHapus
  4. asslamu'alaikum yaa sheikh .... saya mau tanya ... kalau siswa yg belem tamat slta /aliyah apa bisa masuk syeikh ..mohon jawaban nya syeikh .....

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum ya syech... sya mau daftarkan anak saya yg duduk di kelas 1 mts alhamdulillah udah ada hafalan 4 juz, apa masih bisa daftar pada saat sekarang dan biayanya masuk dan bulanannya berapa..
    terus klo untuk anak yatim apakah di kenakan biaya
    mohon petunjuk nya syeck...
    syukron

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum warohmatullaahi wabarokaatuh

    Afwan kalau slow respon
    Bagi Akhy/Ukhty yang berminat untuk mendaftarkan keluarga sahabat di Ma'had AskarQuran puncak bogor silahkan hub no wa 085212351117 bbm D59F1832
    A/n Ahmad Bs
    Untuk Tahfizh putri Askar, lokasi Condet jaktim

    BalasHapus
  8. Bagus boleh nih buat anak ku

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum Abi wa Umm Afwan admin Web ini adalah ustad kami yg pada tahun 2016 sdh pindah ke kab. Bulukumba, Sul-Sel..
    Jika ingin melihat sebagian aktifitas Santri AskarQuran, bisa dilihat di Instagram : @askarquran,

    Atau GMaps
    Pondok Tahfizh Askar Qur'an
    Kopo, Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16770
    0852-1235-1117

    https://goo.gl/maps/giqcpNwoPzK2

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum wr wb syekh..keponakan
    saya br mau lulus SD,apakah bisa daftar
    di pon-pes al askar?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum wr.wb.
    Ustadz putri kami baru lulus SMP dan bercita cita ingin menjadi hafidzah. Mohon infonya untuk pendaftaran tahfidz putri Al askar. Jazakallah

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaikum
    Saya pengen tau lebih lanjut,,,gimana ya caranya?

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum.. apakah disini bs bljr tahfidz untuk kaum ibu usia 40 tahun?

    BalasHapus
  14. Asalamualaikum...apakah menerima santri akhwat juga

    BalasHapus
  15. assalamualaikum ust....anak saya lulusan MI apa bisa daftar mondok di al-askar? jazakallah atas jawabannya. (Hendra-kalianda lampung selatan)

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum ustadz,saya lulusan smk islam,apakah saya bisa daftar mondok di al-askar?



    BalasHapus